Berbagai Khasiat Ekstrak Kulit Manggis Secara Alami

Dahulunya manggis hanya di kenal sebagai buah yang manis untuk di konsumsi. Namun belakangan ini telah gencar akan pembuktian dari buah manggis. Dimana khasiat yang dimiliki kulit manggisnya pun tidak kalah manis dari rasa buahnya. Pasalnya buah manggis ini memiliki banyak kandungan yang tersimpan didalamnya. Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan , kulit manggis yang telah di ekstrak memiliki kandungan 50 senyawa xanthone yang memiliki manfaat segudang bagi tubuh. Dimana xanthone ini merupakan bioflavanoid yang memiliki sifat anti oksidan,, anti bakteri, anti alergi, dan juga antitumor. Nah untuk lebih lanjutnya mengenai khasiat ekstrak kulit manggis yang bisa dapatkan dengan mengkonsumsi ekstrak kulit manggis, silahkan simak ulasan berikut ini.

Khasiat dan kandungan dalam kulit manggis

khasiat ekstrak kulit manggis

Ekstrak kulit manggis yang mengandung xanthone yang di dalamnya terdiri dari 14 jenis senyawa. Dimana masing-masing senyawa memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Salah satunya adalah senyawa alfa mangostin. Senyawa ini bermanfaat dalam menekan pembentukan sel karsinogen dalam kolon. Dengan demikian senyawa ini akan membantu dalam mengusir sel kanker yang mungkin bisa tumbuh dalam manusia. Selain itu terdapat juga kandungan gamma-mangostin dimana memiliki khasiat dalam memberikan perlindungan dan juga tindakan pencegahan terhadap serangan penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Disisi lain senyawa yang terkandung dalam xanthone ini juga bisa bertindak sebagai senyawa yang menghambat terjadinya peradangan. Pasalnya senyawa xanthone mampu menghambat enzim cox-2 yang merupakan enzim pemicu peradangan. Secara singkat gamma-mangostin mampu menjaga tubuh manusia yang menyebabkan terjadinya peradangan atau inflamasi seperti alzheimer dan juga arthritis.

Khasiat ekstrak kulit manggis lainnya di dapatkan dari kandungan tanin yang berperan sebagai anti oksidan. Dimana tanin akan memiliki peran dalam melakukan penghambatan enzim anti diare, anti hemoroid serta mencegah terjadinya pertumbuhan sel tumor. Disamping itu tanin juga berperan sebagai anti nutrisi. Dimana tanin akan membentuk komplek yang cukup kuat. Protein yang diproduksi tanin akan membantu proses penyerapan protein dari makanan yang dikonsumsi manusia. Dengan demikian dengan mengkonsumsi ekstrak kulit manggis juga berkhasiat dalam memperlancar proses penyerapan zat yang di perlukan oleh tubuh.

Manfaat ekstrak kulit manggis juga bersumber pada kandungan senyawa antosianin. Senyawa ini merupakan kumpulan pigmen yang juga bisa ditemui dalam bunga, sayuran dan juga buah-buahan. Dimana senyawa yang terkandung dalam ekstrak kulit manggis ini memiliki posisi sebagai anti oksidan. Dimana sesuai di ketahui anti oksidan merupakan suatu peran yang penting dalam mencegah timbulnya penyakit yang berbahaya. Misalnya saja penyakit kanker kardiovaskuler, diabetes dan juga neuronal.

Ekstrak kulit manggis juga dapat bermanfaat bagi kaum hawa. Pasalnya kandungan kulit manggis dapat membantu meringankan rasa sakit ketika wanita mengalami menstruasi. Dimana kandungannya akan membantu meminimalisir rasa nyeri perut saat menstruasi. Selain itu akan membantu proses peluruhan darah, sehingga rasa nyeri menjadi terhindarkan. Selain itu ekstrak kulit manggis ini juga mampu mengatasi masalah yang berkaitan dengan tulang. Salah satu manfaat yang di tawarkan ekstrak kulit manggis ini adalah meringankan gejala menopause, melonggarkan sakit pada otot, ligament, dan juga tendon. Selain itu juga membantu dalam meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh menurunnya kepadatan tulang ataupun osteoporosis.

Masih dalam kaitannya akan khasiat ekstrak kulit manggis bagi wanita. Dimana eksrak kulit manggis tersebut memiliki kandungan vitamin e yang tinggi. Oleh sebab itulah dengan mengkonsumsi akan memberikan khasiat dalam mempertahankan usia kulit sesuai dengan usia anda. Dengan demikian baik kulit badan ataupun kulit wajah akan mendapatkan hasil. Nah itulah beberapa khasiat dari ekstrak kulit manggis. Semoga bermanfaat.

Baca Juga

Berbagai Khasiat Ekstrak Kulit Manggis Secara Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan