Tips dan Info Kesehatan

Menyampaikan berbagai tips kesehatan dan info kesehatan secara sederhana dan tepat

Rabu, 31 Desember 2014

Kandungan dan Khasiat Bawang Putih

Bawang putih pastilah semuanya sudah tahu dan hampir semua orang punya. Bawang putih biasanya digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk bumbu masakan dan bahan ini wajib dimiliki. Bau dari bawang putih ini juga cukup menyengat, dan jika terlalu banyak mengkonsumsi ini maka bisa menimbulkan bau badan yang tidak sedap. Tapi selain sebagai bahan dasar untuk bumbu masak, bawang putih memiliki khasiat yang tidak semua orang tahu. Khasiat bawang putih cukup baik untuk kesehatan tubuh. Bawang putih memiliki beberapa kandungan gizi di antaranya protein, lemak, energy, karbohidrat, gula, beta carotene, riboflavin, kalsium, thiamine, niacin, vitamin C, kalium, zat besi, dan masih banyak lagi.

Info kesehatan - khasiat dan kandungan bawang putih

Bawang putih yang masih mentah memiliki kandungan senyawa sulfur yang bernama Alliin. Senyawa alisin yang ada ketika bawang putih dimemarkan, memiliki khasiat dapat menghancurkan pembentukan pembekuan pada darah di dalam arteri sehingga dapat mengurangi gejala timbulnya penyakit diabetes dan mengurangi tekanan darah. Selain itu bawang putih juga memiliki kandungan zat alil yang dapat berkhasiat dalam memerangi penyakit degenaritf dan juga mengaktifkan pertumbuhan sel yang baru. Senyawa ini banyak ditemukan di dialil-trisulfida. Karena memiliki beberapa kandungan tersebut, tentu saja manfaat dan khasiat bawang putih banyak sekali. Selain untuk kesehatan tubuh, khasiat dari bawang putih juga untuk kecantikan.

Beberapa khasiat bawang putih salah satunya adalah dapat mencegah kanker karena bawang putih memiliki antioksidan. Bagi perokok berat dengan mengunyah bawang putih mentah bisa melindungi tubuh dari terkena kanker. Selain itu khasiat dari bawang putih adalah dapat mencegah sakit radang yang biasa timbul saat sedang demam. Radang tenggorokan biasanya menyerang saat musim hujan tiba. Cukup dengan mengunyah bawang putih maka sakit radang tenggorakan dapat terobati. Jika mengalami infeksi pada pencernaan, bawang putih bisa mengobatinya dengan mencampurkan bawang putih yang mentah pada salad maka pencernaan akan kembali lancar.

Selain untuk kesehatan tubuh, bawang putih juga berkhasiat dalam menyuburkan rambut. Bawang putih dapat mengatasi kerontokan pada rambut. Kandungan Allicin yang dimiliki pada bawang putih cukup tinggi, dipercaya mampu mengatasi masalah rambut rontok. Caranya adalah menggosokkan irisan bawang putih di kulit kepala lalu dipijat dengan lembut. Atau bisa juga dengan menambahkan minyak dan lalu dipijatkan pada kepala. Khasiat bawang putih juga bisa menghilangkan jerawat. Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat mematikan bakteri sehingga berkhasiat untuk menghilangkan jerawat sebagai obat alami. Bawang putih yang diiris lalu digosokkan di jerawat pada wajah secara pelan-pelan.

Salah satu ahli gizi juga menerangkan bahwa bawang putih dapat memberikan efek terhadap penurunan berat badan. Hal ini dibuktikan dengan penelitian pada seekor tikus setelah memakan bawang putih yang menunjukkan adanya penurunan terhadap berat badan. Sehingga bisa disimpulkan bahwa selain sebagai bumbu masakan, bawang putih juga bisa mengontrol berat badan. Tidak hanya itu saja khasiat bawang putih. Jika memiliki penyakit kulit, bawang putih memiliki anti radang yang berfungsi mengurangi terkena penyakit kulit. Bawang putih yang sudah diolesi dengan sedikit minyak diusapkan pada area yang terinfeksi. Maka kulit akan menjadi halus. Itulah beberapa khasiat yang dimiliki oleh bawang putih. Bawang putih adalah bumbu masak yang tidak mudah busuk asalkan disimpan di tempat yang kering. Selanjutnya simaklah Khasiat daun sirih untuk pengobatan penyakit kulit dalam blog  crneprep.blogspot.co.id
Back To Top